Makna Kata "FUSTUN" Dalam Bahasa Arab


Benarkah kata Fustun berarti wanita molek?
Saat ini kata "Fustun" menjadi populer di media, mulai dari talkshow media elektorinik, perbicangan di dunia maya, bahkan percakapan seloroh di warung kopi. Dalam Bahasa Indonesia, kata ini tidak dikenal. Hal itu ditenggarai dari sadapan percakapan antara AF dan LHI yang diputar di persidangan.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan Fustun? Belakangan ini, banyak netter Indonesia yang mencari-cari arti kata Pustun di Google, tapi hasilnya kurang memuaskan. Nah, karena ini saya mencoba membahas sedikit tentang kata yang tengah naik daun ini. 

Dikutip dari http://www.putramelayu.web.id, ada beberapa pendapat tentang makna kalimat Fustun. Fustun berasal dari bahasa penduduk di wilayah India dan sekitarnya (Pakistan, Bangladesh, Kashmir, Afghanista, Uzbekistan dll) yang makna dasarnya adalah Perhiasan atau ukiran. Dalam bahasa Inggris, kata ini diserap menjadi kata Festoon. Sedangkan dalam bahasa Arab sendiri, padanan yang tepat untuk Fustun dalam arti ini adalah Iklil (الإكليل).

Dalam Probertencylopaedia disebutkan: 
Festoon: In architecture a festoon is a carved ornament consisting of flowers, and leaves, intermixed or twisted together, wound with a ribbon, and hanging or depending in a natural curve. Festoon: Dalam arsitektur adalah ornamen berukir yang terdiri dari bunga, dan daun, bercampur secara bersamaan, berpita, dan menggantung atau digantung pada kurva alami.
Perhiasan festoon
Sebagian orang kemudian menghubungkan kata Fustun dengan wanita, karena wanita biasanya senang memakai perhiasan. 

Ada juga yang berpendapat bahwa Fustun -yang dikait-kaitkan dengan wanita- berasal dari kata Pushtun (Pushtu), yaitu nama sebuah Etnis di Afghanistan, yang mana para wanita di kalangan etnis ini sangat tertutup dan sulit dinikahi. 

Itulah arti atau makna kata Fustun. Cuma, apa yang dimaksud oleh AF dan LHI dalam percakapannya tentu mereka berdua yang tahu.


Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes