Cara Operasional Aplikasi SIAKAD Mahasiswa STAIN Gajah Putih Takengon

Kecanggihan sistem teknologi informasi dan komunikasi telah merambah ke berbagai bidang, termasuk dalam administrasi perguruan tinggi. Satu di antaranya adalah penggunaan aplikasi on line untuk administrasi akademik. Di STAIN Gajah Putih Takengon Aceh Tengah, aplikasi ini biasa disebut SIAKAD, yaitu singkatan dari Sistem Administrasi Akademik. Aplikasi ini bisa diakses on line oleh setiap dosen dan mahasiswa.

Bagi dosen, aplikasi ini berfungsi untuk memantau perkembangan mahasiswa walinya (mahasiswa bimbingan akademik), untuk keperluan perkuliahan dan termasuk bimbingan skripsi. Sedangkan bagi mahasiswa, aplikasi ini berfungsi untuk semua keperluan akademiknya mulai dari pengajuan mengetahui dosen wali/ dosen Penasehat Akademis (PA), pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), melihat roster perkuliahan, mengetahui Kartu Hasil Studi (KHS), skripsi, bahkan informasi akademik tertera di aplikasi ini.

Bagaimana cara mengoperasiokan aplikasi ini? Simak langkah-langkah berikut ini:

Pastikan Anda memiliki akses terhadap akun anda.
Setiap mahasiswa diberi akun untuk masuk ke aplikasi ini. Untuk mengetahui username dan password Anda, silakan hubungi Kaprodinya masing-masing.

Setelah mempunyai akun, masuk ke halaman webnya di http://stain-gp.ac.id/e-mahasiswa
Setelah membuka web ini, akan tampil halaman berikut

Untuk login, silakan masukkan username dan password Anda yang sudah didapat dari Kaprodinya.

Setelah masuk ke akun, maka anda akan melihat beranda dengan menu dasarnya seperti ini.

Pada halaman ini akan tampil sudut kiri atas waktu Anda login. Bagian sudut kanan atas terdapat tiga informasi yaitu ucapan selamat datang untuk Anda, menu ubah password dan menu logout.

Selanjutnya Anda bisa akses setiap menu yang ada. Bagi user yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini, sebaiknya melengkapi data diri pada kotak atau menu Profil.

Selamat mencoba! Semoga informasi ini bermanfaat.






Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes