#SuperBlueBloodMoon

#SuperBlueBloodMoon 31 Januari 2018
Di antara tanda pagar yang sangat populer di media sosial hari ini adalah #SuperBlueBloodMoon. Masih banyak ternyata netizen yang belum mengerti dengan istilah ini. Untuk itu, perlu dijelaskan kembali.

Pada postingan sebelumnya sudah disampaikan dua istilah super moon dan blue moon. Perlu kembali dijelaskan pada postingan ini. Super Moon adalah istilah untuk menyebutkan saat posisi bulan sangat dekat dengan matahari.  Gerhana bulan tanggal 31 Januari 2018 ini terjadi saat posisi bulan berada sekitar 360.000 KM dengan bumi sehingga bulan akan tampak lebih besar. Inilah yang diistilahkan dengan super moon. Kebalikannya adalah Micro Moon yaitu posisi bulan sangat jauh dengan matahari.

Di samping itu, purnama tanggal 31 Januari 2018 ini merupakan purnama kedua di bulan ini. Ketika terjadi dua kali bulan purnama dalam satu bulan masehi, maka itu biasa disebut dengan istilah Blue Moon. Terakhir, Blood Moon adalah istilah untuk menyebutkan bulan berwarna merah karena proses gerhana bulan total. 

Gabungan tiga istilah itu menghasilkan sebuah istilah baru Super Blue Blood Moon, yaitu gerhana bulan total yang berwarna merah terjadi pada saat posisi bulan sangat dekat dengan bumi sehingg bulan tanpak lebih besar dari biasanya. Uniknya lagi, gerhana bulan total ini terjadi pada purnama kedua di bulan Januari. Itulah dia #SuperBlueBloodMoon


Share this:

Post a Comment

 
  • Contact Us | Site Map | TOS | Privacy Policy | Disclaimer
  • Copyright © Bismi Rabb. Template by OddThemes